Virus Part #1

28 Maret 2010 ·

Waduh Virus lagi Virus lagi....Suka banget menggangu komputer orang...
Sebenarnya Virus tu apaan sih??? Cari tau Yuk.....

#Virus#

Pertama kali  istilah Virus digunakan oleh Freed Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Di beri nama Virus karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses).

Virus komputer merupakan program komputer biasa, tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya, yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasi bahkan sampai merusak. Virus hanya akan menular apabila program pemicu atau program yang terinfeksi tadi dieksekusi.

Berikut adalah contoh klasifikasi program yang membahayakan dimana virus termasuk didalamnya yaitu  :

Malware : merupakan singkatan dari malicious software, merujuk pada program yang dibuat dengan tujuan membahayakan atau menyerang sebuah program komputer . Terdiri  atas  komputer virus , komputer worms, trojan horses, joke programs dan malicious tollkits.

a.Komputer virus : mengacu pada program yang memiliki kemampuan untuk bereplikasi dengan sendirinya.

b.Komputer worm : mengacu pada program independen yang memiliki kemampuan untuk bereplikasi dengan sendirinya. Independen di sini memiliki makna bahwa worm tidak memiliki host program sebagaimana virus, untuk ditumpanginya. Sering kali worm dikelompokkan sebagai sub-kelas dari virus komputer.

c.Trojan horse : mengacu pada program independen yang dapat  mempunyai fungsi yang tampaknya berguna, dan ketika dieksekusi, tanpa sepengetahuan pengguna, juga melakukan fungsi-fungsi yang bersifat destruktif.

d.Malicious toolkits : mengacu pada program yang didesain untuk membantu menciptakan program-program yang dapat membahayakan sebuah sistem komputer. Contoh dari program-program jenis ini adalah tool pembuat virus dan program yang dibuat untuk membantu proses hacking.

e.Joke program : mengacu pada program yang meniru operasi-operasi yang dapat membahayakan sistem komputer, namun sebenarnya dibuat untuk tujuan lelucon dan tidak mengandung operasi berbahya apapun.

To be continue....

Sumber : “Panduan Pintar Komputer”  Yudha Yudhanto, S.Kom , Yunus Sulistyo, S.Kom & Dedi Gunawan, ST





Baca Artikel Terkait Lainnya



2 komentar:

Unknown mengatakan...
Minggu, Maret 28, 2010 4:57:00 PM  

mantap..

Andi Arsana mengatakan...
Minggu, Maret 28, 2010 9:40:00 PM  

Oke thx...mohon kritik dan sarannya...

Posting Komentar

Entri Populer